Jumat, 04 September 2015

Rahmad Satria Puji Semangat Pramuka

Ketua Kwarcab Kabupaten Mempawah, Rahmad Satria, memotong tumpeng saat membuka Gelegar HUT Gudep Gadjah Mada-Dara Juanti di halaman Disdikpora
Gerakan Pramuka Kabupaten Mempawah semakin menggeliat. Pekan lalu gawe kepanduan dilaksanakan Gugus depan (Gudep) Ki Hajar Dewantara, kali ini giliran Gudep Gadjah Mada-Dara Juanti yang berpangkalan di SMA Negeri 1 Mempawah Hilir. Kegiatan ulang tahun ke-31 berbentuk Perkemahan Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu (Perkajusami) ini dilaksanakan mulai 3-6 September.
Ketika membuka kegiatan ulang tahun yang diberi nama Gelegar ke-31 Gudep 01.019-01.020 Gadjah Mada-Dara Juanti di halaman Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kamis (3/9), Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Mempawah, H. Rahmad Satria, SH, MH, tak sungkan memberikan pujian dan apresiasi. “Saya menilai gelegar ulang tahun ini merupakan bukti kekompakan dan semangat gudep menggerakkan organisasi pramuka di Kabupaten Mempawah,” katanya.
Rahmad juga berharap kedepannya kegiatan kepramukaan tidak hanya dilaksanakan ditingkat gugus depan tetapi juga di tingkat ranting, satu diantaranya Jambore Ranting. “Kenapa Jambore Ranting ini penting?Karena menjadi satu diantara syarat untuk menjadi Pramuka Garuda. Syarat lainnya adalah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum atau SKU dan memiliki Tanda Kecakapan Khusus atau TKK,” ungkapnya.
Berbicara soal SKU, Rahmad Satria menyebutnya sebagai kurikulum pendidikan kepramukaan yang harus dipenuhi anggota pramuka baik tingkat siaga, penggalang, penegak maupun pandega untuk mendapatkan tanda kecakapan umum atau TKU. Dan layaknya kurikulum pendidikan, keberadaan SKU itu juga menjadi target yang harus dicapai pembina pramuka.
“Contohnya SKU tingkat Siaga untuk mendapat Mula, Bantu dan Tata. Kemudian tingkat Penggalang ada Ramu, Rakit dan Terap. Selanjutnya tingkat Penegak ada Bantara dan Laksana, terakhir ada tingkat Pandega. Semoga semakin banyak anggota pramuka di Kabupaten Mempawah yang meraih predikat Pramuka Garuda,” ucapnya.
Gelegar ulang tahun ke-31 Gudep Gadjah Mada-Dara Juanti diikuti 1216 anggota pramuka dari 30 gudep di empat kabupaten/kota se Kalimantan Barat. Selama empat hari, panitia melaksanakan 11 kegiatan tingkat penggalang dan penegak.

0 comments: