Rabu, 14 September 2011

HUT Pramuka ke-50 Berlangsung Semarak

        Kamabicab, Ria Norsan, menerima sekapur sirih dari penari persembahan.

Ketua Kwarcab, Rahmad Satria, menyalakan obor saat melepas pawai obor keliling Kota Mempawah

Anggota Pramuka mengibarkan sang merah putih pada peringatan HUT Pramuka ke-50.

Ria Norsan selaku Kamabicab menyematkan lencana kepada Pembina Pramuka yang mengabdi puluhan tahun

          Anggota Pramuka menggelar atraksi penyelamatan kepada korban kecelakaan. 


Anggota Pramuka berartraksi bongkar pasang senjata dengan mata tertutup.       
 
Peringatan HUT ke-50 Pramuka di Kabupaten Pontianak yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Pontiana, Rabu (14/9) berlangsung semarak. Kegiatan tersebut juga menjadi momen untuk mengajak Pramuka memerangi ancaman bahaya narkoba, perkelahian, maupun tindakan melawan hukum lainnya.
“Pramuka harus berani dan tak segan-segan memerangi bahaya narkoba. Sebagai generasi muda pramuka harus berkomitmen untuk memberantasnya (narkoba, red),” kata Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicap) Pramuka Kabupaten Pontianak, Kak Ria Norsan, saat menjadi inspektur upacara Peringatan HUT ke-50 Pramuka.
Perayaan HUT Pramuka yang tahun ini mengangkat tema Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Jayalah Indonesia dan subtema Pramuka Penyelamat Generasi Muda, diwarnai dengan pelbagai atraksi menghibur yang ditampilkan para anggota pramuka siaga, penggalang, dan penegak, seperti kolone tongkat, dan marching band.
Juga ada atraksi bongkar pasang senjata dari anggota Saka Wira Kartika Kodim 1201 Mempawah, senam lalu lintas, aksi pertolongan pertama pada korban kecelakaan, serta semaphore. Di kesempatan yang sama, sebanyak 17 pembina pramuka di Kabupaten Pontianak juga menerima penghargaan dari kwartir nasional (kwarnas), yakni lencana melati, darma bakti, dan panca warsa.
Sehari sebelumnya, HUT Pramuka juga diisi dengan pawai obor yang diikuti pramuka siaga, penggalang, dan penegak, dengan menempuh jarak 5 kilometer. Pawai ini dilepas Kak Kwarcab, H. Rahmad Satria, SH, MH.
“Gerakan Pramuka merupakan wadah yang tepat menanamkan pendidikan karakter kepada generasi muda Indonesia. Kita meminta seluruh anggota pramuka, jangan sampai menggunakan narkoba. Anggota pramuka harus menjadi generasi kebanggaan bangsa ini,” pungkasnya,
Puncak HUT ke-50 Gerakan Pramuka di Halaman Kantor Bupati Pontianak, selain diikuti ribuan anggota pramuka, juga hadir Kak Kwarda Kalbar, Drs. Suryadi, M.Si, Kak Kwarcab Kabupaten Pontianak, H. Rahmad Satria, SH, MH, Dandim Mempawah, Letkol. Inf. Parlindungan Sirait, Kapolres Pontianak, AKBP Andi Fairan, S.Ik, MSM, dan para Muspida lainnya

0 comments: