Kamis, 10 Mei 2012

Rahmad Buka Perkajusami HUT Gudep Machan

Ketua Kwarcab, Rahmad Satria, memukul gong sebagai tanda dimulainya pelbagai kegiatan HUT Gudep Machan

Rahmad Satria menyematkan tanda peserta perlombaan HUT Gudep Machan

Para peserta HUT Gudep Machan yang berdatangan dari sejumlah kabupaten di Kalbar

Upacara pembukaan Perkemahan Perkajumasi di SMA Negeri 2 Mempawah

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pontianak, mendukung penuh pendidikan karakter bangsa bagi seluruh anggota pramuka, salahsatunya yang dikemas dalam bentuk kegiatan Perkemahan Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu (Perkajusami).
Hal ini disampaikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pontianak, H Rahmad Satria SH MH, saat membuka pelaksanaan kegiatan pramuka dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Gugus Depan Opu Daeng Manambon-Utin Chandramidi (Machan), yang berpangkalan di SMA Negeri 2 Mempawah Hilir, siang kemarin.
“Pendidikan karakter bangsa bisa didapatkan bagi generasi muda yang aktif di organisasi pramuka. Jadi mereka tidak hanya mendapatkan pendidikan secara formal di sekolah, tapi juga pendidikan informal di organisasi pramuka. Berbahagialah generasi muda yang ikut pramuka,” katanya.
Pada kesempatan tersebut, Rahmad Satria selaku pembina upacara mengharapkan, melalui gerakan pramuka akan mampu menciptakan generasi muda yang pandai berorganisasi dan membangun jiwa kepemimpinan.
“Pramuka adalah wadah yang berguna untuk generasi muda dalam membina karakter bangsa. Atas dukungan semua pihak, saya bertekad mengembalikan kejayaan Pramuka, khususnya di Kabupaten Pontianak,” ujar Rahmad.
Selain itu, Rahmad juga mengajak para anggota Pramuka dapat merumuskan program ke depan agar bisa membantu pemerintah daerah mengatasi permasalahan generasi muda yang cenderung meningkat terhadap penggunaan narkoba, serta bentuk-bentuk kenakalan atau perbuatan negatif lainnya.
Usai upacara, acara dilanjutkan dengan pemukulan gong sebanyak 5 kali oleh Rahmad Satria yang didampingi jajaran Kwarcab Kabupaten Pontianak, Kwartir Ranting Mempawah Hilir dan para undangan.
Lebih dari seribu anggora pramuka Penggalang dan Penegak dari pelbagai gugus depan utusan 4 kabupaten/kota se Kalbar, yakni  Singkawang, Bengkayang, dan Kubu Raya dan Kabupaten Pontianak, mengikuti kegiatan ini.  Mereka membangun tenda dan mempersiapkan diri agar menjadi jawara dalam pelbagai lomba
Dalam HUT Gudep ini, panitia pelaksana menggelar pelbagai lomba untuk tingkat penggalang dan penegak. Untuk penggalang adalah LKBB, semaphore dan morse, hasta karya, lomba cerdas tangkas, parade musik, tali temali, dan penjelajahan. Sedangkan untuk tingkat Penegak seperti kolone tongkat, formasi sandi, dan lain sebagainya.

0 comments: