Senin, 02 Desember 2013

Al-Hidayah Gelar Manasik Haji Anak-anak

Ketua DPRD, Rahmad Satria mendampinbgi ratusan anak-anak TPA se Kabupaten Pontianak mengelilingi replika Ka’bah di Masjid Agung Al-Falah
Halaman Kompleks Masjid Al-Falah Mempawah, Minggu (1/12), mendadak berkumandang  talbiah. Ucapan itu diserukan ratusan anak Taman Pendidikan Al-Quran se Kabupaten Pontianak saat mengikuti pra manasik haji yang diselenggarakan Kelompok Pengajian Al-Hidayah Kabupaten Pontianak.
Kegiatan manasik haji ini disambut gembira anak TPQ dari sembilan kecamatan di Kabupaten Pontianak. Seraya mengenakan pakaian putih-putih khas jemaah haji dan mengumandangkan talbiah, mereka kemudian melaksanakan tahapan ibadah haji diantaranya melempar jumrah, mengitari replika Ka'bah yang ada di Masjid Agung Al-Falah secara bergantian, lalu berebut mencium Hajar Aswad.
Ketua DPD Al Hidayah Kabupaten Pontianak, Hj Maysum, S.Pd.I, mengatakan, manasik haji dilaksanakan untuk memberikan pembelajaran terhadap anak sejak usia dini tentang tata cara melaksanakan kegiatan ibadah haji yang benar saat berada di tanah suci.
“Kita berharap, saat anak-anak sudah besar, mereka bisa mengerti bagaimana cara melaksanakan rukun haji yang benar. Kemudian kita harapkan dengan kegiatan ini, para orangtua yang hadir yang belum melaksanakan ibadah haji bisa nantinya bisa memahami bagaimana proses pelaksanaannya,’’ ungkap Maysum.
Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Pontianak yang juga Pembina DPD Al Hidayah, H Rahmad Satria, SH, MH, mengharapkan pengkajian dan pengembangan Islam di Kabupaten Pontianak terus ditingkatkan, khususnya di tingkat TPA/TPQ.
“Pendidikan Islam sejak dini di TPQ penting dilaksanakan guna menciptakan generasi muda yang beriman dan berakhlak mulia, sesuai ajaran Islam. Saya sangat mendukung kegiatan manasik haji ini,” ujarnya.
Hal senada juga diungkapkan Asisten Ekonomi dan Kesra Setda Kabupaten Pontianak, Drs H Ismail, MM. Mewakili Bupati Pontianak yang berhalangan hadir, ia menilai pra manasik haji ini penting diajarkan kepada anak-anak sebagai bentuk implementasi rukun Islam yang ke-5, yaitu melaksanakan ibadah haji.
“Ajaran Islam perlu dan penting kita kenalkan pada anak-anak. Melalui TPQ, anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa, tidak hanya diajarkan membaca dan mendalami Al-Quran tapi juga dikenalkan pada Rukun Iman dan Rukun Islam, salahsatunya Ibadah Haji,” ucap Ismail.

0 comments: