Jumat, 22 November 2013

574 Pramuka se Kalbar Ikuti Perjusami di Jungkat

Ketua Kwarcab, Rahmad Satria, memasangkan tanda peserta Perjusami HUT Gudep Pangeran Antasari yang diikuti pramuka dari empat kabupaten dan satu kota di Kalbar. FOTO FISA
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pontianak, H Rahmad Satria SH MH, membuka secara resmi Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami) tingkat penggalang yang diselenggarakan Gugus Depan (Gudep) Pangeran Antasari 05.001-05.002 di Pangkalan SMP Negeri 1 Siantan, Desa Jungkat, Kecamatan Siantan, Jumat (22/11).
Pada kesempatan itu, Rahmad Satria, menyampaikan apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan Perjusami memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 Gudep Pangeran Antasari 05.001-05.002. Menurut Rahmad, kegiatan ini harus rutin dilaksanakan tak hanya di SMPN 1 Siantan, tapi juga sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Pontianak.
“Gerakan pramuka yang merupakan wadah pendidikan karakter bangsa sudah menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Pontianak. Jadi melalui kegiatan ini, kita ingin menghidupkan gerakan pramuka di seluruh gugus depan di Kabupaten Pontianak,” katanya.
Pada kesempatan tersebut, Rahmad Satria selaku pembina upacara mengharapkan, melalui gerakan pramuka akan mampu menciptakan generasi muda yang pandai berorganisasi dan membangun jiwa kepemimpinan.
“Saya juga mengajak para anggota Pramuka dapat merumuskan program ke depan agar bisa membantu pemerintah daerah mengatasi permasalahan generasi muda yang cenderung meningkat terhadap penggunaan narkoba, serta bentuk-bentuk kenakalan atau perbuatan negatif lainnya,” ucapnya.
Sedangkan Kepala SMPN 1 Siantan, Sabasaran, mengatakan pihaknya mendukung penuh pelbagai kegiatan ekstrakurikuler siswa termasuk kegiatan kepramukaan yang dinilai memberikan efek positif terhadap pembinaan karakter siswa. “Terima kasih kepada Ketua Kwarcab Kabupaten Pontianak, Rahmad Satria, yang mendukung penuh baik materil dan moril dalam menyukseskan perkemahan tersebut,” jelasnya.
Sebelumnya, Ketua Panitia, Ikhsanul Arif, menjelaskan perkemahan Perjusami diikuti 14 Gudep SD dan 8 Gudep SMP dari 4 kabupaten dan Kota, dengan total peserta 574 peserta. “Total 22 Gudep ambil bagian mengikuti perkemahan tingkat penggalang ini. Kami mengucapkan terima kasih semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan ini,” ujar dia.

0 comments: