Selasa, 27 Mei 2014

70 Pembina Pramuka Disertifikasi

Ketua Kwarcab, Rahmad Satria menyematkan tanda peserta KMD
Kursus Mahir Dasar (KMD) gelombang ke-2 bagi pembina pramuka, yang digelar 26-31 Mei, resmi dibuka Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pontianak, H. Rahmad Satria, SH, MH, Senin (26/5) sore. Kegiatan ini berlangsung di SMP Negeri 2 Sungai Kunyit, di Dusun Bangkam, Desa Bukit Batu Kecamatan Sungai Kunyit.
Pembukaan KMD yang diikuti 70 peserta dari Kwartir Ranting Mempawah Hilir, Mempawah Timur dan Sungai Kunyit, turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pontianak, Drs H Zulkifli Salim M.Si, serta unsur muspika Sungai Kunyit.
Dalam kesempatan itu, Rahmad Satria mengatakan kegiatan KMD merupakan program dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pontianak bekerjasama dengan Kwarcab Kabupaten Pontianak. “Salahsatu tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan sertifikasi bagi para pembina pramuka, khususnya di gugus depan,” katanya.
Dijelaskan Rahmad, kursus-kursus bagi peningkatan sumber daya manusia pembina pramuka ini merupakan upaya Disdikpora dan Kwarcab menciptakan pembina pramuka yang handal. “Sertifikasi  ini akan menjadi bukti bahwa peserta sudah resmi menjadi pembina pramuka di masing-masing kwartir ranting atau gugus depan,” ujar Rahmad.
Rahmad Satria juga menegaskan, bahwa pramuka selama ini telah menjadi yang terdepan dalam pelbagai kegiatan sosial, serta mampu melahirkan generasi muda yang handal dan memiliki karakter bangsa.
“Melalui Pelatihan KMD dan KML hingga KPD kita berharap para pembina pramuka memiliki keahlian dan teknik kepramukaan, baik psikologi peserta didik, teknis membina, serta cara membina dan berorganisasi dengan baik,” katanya.
Sebelumnya Kepala Disdikpora Kabupaten Pontianak, Drs H Zulkifli Salim M.Si, menjelaskan, KMD dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi tenaga pendidik serta kemampuannya di bidang kepramukaan, sehingga tujuan utama pembinaan pendidikan karakter bagi generasi muda bisa terwujud dengan baik.
“Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Disdikpora dan Kwarcab. Diharapkan, melalui kegiatan ini bisa menghasilkan pembina pramuka handal dan memiliki wawasan luas di kepramukaan, mengingat saat ini masih ada gugus depan yang masih kurang atau tidak memiliki pelatih dan pembina pramuka,” imbuhnya.
Ketua Panitia KMD, Ichwanto, S.AP, dalam laporannya mengatakan KMD ini merupakan program kerja Disdikpora Kabupaten Pontianak. Kegiatan ini akan berlangsung dalam tiga gelombang atau angkatan. Pertama di Kecamatan Sadaniang yang diikuti peserta dari Kecamatan Sadaniang, Toho dan Anjongan, beberapa waktu lalu.
Kemudian gelombang kedua dilaksanakan di Kecamatan Sungai Kunyit, yang diikuti Mempawah Hilir, Mempawah Timur dan Sungai Kunyit, serta gelombang ketiga yang direncanakan digelar bulan Juni di Kecamatan Segedong dengan peserta yang berasal dari Kecamatan Sungai Pinyuh, Segedong dan Siantan.

0 comments: