Senin, 19 Desember 2016

Kwarcab Persiapkan Pemimpin Masa Depan

Ketua Kwarcab, Rahmad Satria, memasangkan tanda peserta pelatihan pengembangan kepemimpinan yang digelar Kwarcab Mempawah di BLPP Anjongan
Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Mempawah menggelar Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK), 17-18 Desember di Balai Pendidikan Dan Latihan Penyuluh Pertanian (BLPP) Anjongan. Dibuka Ketua Kwarcab, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH, LPK ini merupakan wadah untuk mempersiapkan para anggota pramuka menjadi pemimpin masa depan.

Seperti yang disampaikan Rahmad Satria saat membuka LPK yang diikuti 106 anggota pramuka, kepemimpinan atau seorang pemimpin tidak lahir secara instan dan begitu saja tetapi butuh proses, satu diantaranya melalui pelatihan-pelatihan.

“Dan melalui kegiatan LPK ini diharapkan para peserta kedepannya harus bisa menjadi seorang pemimpin. Minimal jika tidak bisa menjadi pempimpin bangsa dan negara, daerah atau organisasi, anggota pramuka bisa menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan keluarga,” katanya.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Mempawah ini mengatakan, untuk menjadi pemimpin seseorang harus memiliki sifat yang baik, amanah, bertanggungjawab, dan berbudi luhur serta mampu mendorong orang yang dipimpinnya bisa menjadi pemimpin.

“Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat menjadikan orang yang dipimpinnya menjadi pemimpin lagi. Begitu juga sebaliknya, pemimpin yang tidak baik adalah pemimpin yang tidak memberi kesempatan atau melatih anak buahnya menjadi pemimpin,” ujarnya.

Terkait LPK yang dilaksanakan pihaknya ini, dijelaskan Rahmad, merupakan wujud persiapan Kwarcab untuk menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan di masa depan. Ia menjelaskan, pemimpin pasti akan berganti karena ada masanya dan setiap masa ada pemimpinnya.

“Mari persiapkan diri adik-adik semua untuk menjadi pemimpin. Jadilah pemimpin yang penuh inovasi, kreatif, pekerja keras. Jangan lupa, suksesnya seorang pemimpin, ada restu dan doa orangtua didalamnya. Jadi jangan lupakan orangtua dan berbaktilah. Selain itu teruslah belajar dan memperbanyak ibadah,” ucapnya.

Sebelumnya ketua panitia, Hambali, S.Pd, dalam laporannya mengatakan LPK ini bertujuan untuk melatih anggota pramuka penegak dan pandega agar memiliki kecakapan dalam keterampilan memimpin. Para peserta merupakan Pengurus Dewan Ambalan, Pengurus Dewan Kerja Ranting dan Dewan Kerja Cabang se Kabupaten Mempawah.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, AD/ART, visi dan misi Gerakan Pramuka, kepemimpinan dan dasar-dasar jurnalistik. Khusus materi kepemimpinan dan dasar-dasar jurnalistik disampaikan Rahmad Satria dan Dian Sastra selaku Ketua Ikatan Jurnalis Bestari (I-JARI) Mempawah.

0 comments: