Jumat, 02 Desember 2016

Dragon Boat Piala Rahmad Satria

Ketua DPRD, Rahmad Satria, menyerahkan trofi kepada manajer tim dragon boat Elang Putih Mempawah, Anwar
Tim dayung Elang Putih 2 asal Mempawah berhasil menjadi juara pertama Lomba Sampan Dragon Boat Piala Ketua DPRD Kabupaten Mempawah, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH. Berlangsung di Sungai Kuala Mempawah, Kamis (1/12), even lomba yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan even budaya Robo’-Robo ini disaksikan ribuan warga dari berbagai daerah di Kalbar.
Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalbar, Abdi Nurkamil, yang hadir pada even lomba ini mengatakan PODSI memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pelaksanaan Lomba Sampan Dragon Boat yang memperebutkan Piala Ketua DPRD, Rahmad Satria. Sebagai bentuk dukungan, imbuh dia, PODSI Kalbar meminjamkan empat unit dragon boat 22 pedayung.
“Karena PODSI Mempawah belum memiliki dragon boat, maka kami pinjamkan. Sebetulnya kita di PODSI Kalbar juga ada memiliki dragon boat 12 pedayung. Namun karena ada kendala teknis, dragon boat itu saat ini masih berada di Kabupaten Kayong Utara. Terkendala ombak jadi tidak bisa dikirim kesini tepat waktu,” jelasnya.
Terkait PODSI Mempawah yang belum memiliki dragon boat, Abdi kemudian menyarankan pemerintah daerah dan DPRD dapat menganggarkan dana untuk membelinya. Dengan demikian, pembinaan atlet dayung kedepannya akan semakin mudah. “Secara pribadi saya ucapkan terima kasih kepada Bang Rahmad Satria, tentunya tahun depan lomba ini tidak sebatas tingkat tertentu tetapi tingkat se Kalbar, kami akan mendukung,” ucapnya.
Ketua DPRD, Rahmad Satria, saat membuka lomba dragon boat yang diikuti 12 tim ini mengaku baru tahu kalau Mempawah belum memiliki dragon boat dan masih meminjam ke PODSI Kalbar. Meski demikian, ia mengaku siap mengupayakan pengganggaran minimal pada APBD Perubahan 2017. “Kita upayakan 4 sampan dragon untuk latihan maupun lomba. Jadi kita tidak perlu meminjam lagi, sudah punya sendiri,” jelasnya yang disambut tepuk tangan para pedayung.
Terkait even lomba yang diikuti perwakilan Sekadau, Sambas, Kubu Raya, Kota Pontianak dan Mempawah ini, Rahmad berharap dapat kembali digelar, tentu dengan jumlah daerah dan peserta yang lebih banyak. Oleh karena itu, ia menyarankan PODSI Kalbar agar mempercayakan Kabupaten Mempawah sebagai tuan rumah di tingkat provinsi. Mempawah, imbuh Rahmad, siap sebagai tuan rumah.
“Kami minta nanti PODSI Kalbar yang mengundang peserta. Kami yakin jika PODSI Kalbar yang mengundang, maka banyak peserta dari berbagai daerah baik kabupaten/kota se Kalbar bahkan dari luar provinsi yang ambil bagian. Dengan demikian, Mempawah bisa menjadi tempat wisata indah untuk dayung di Kalbar,” katanya.
Usai pembukaan lomba dragon boat, Rahmad Satria kemudian menerima amanah dari Ketua PODSI Kalbar, Abdi Nurkamil untuk menjadi tokoh yang peduli dengan olahraga Dayung Kalbar. Amanah itu ditandai dengan pemasangan secara simbolis tanjak laksamana dan selempang.
Berikut ini juara Lomba Dragon Boat 2016, juara pertama diraih Elang Putih 2 (Mempawah), juara kedua diraih Elang Putih 3 (Mempawah), juara ketiga Landas (Mempawah) dan juara keempat diraih Bintang Hitam Rabin (Mempawah). Selain trofi, Ketua DPRD, Rahmad Satria juga menyediakan total hadiah sebesar Rp 30 juta. 

0 comments: