Jumat, 25 Juni 2010

Dua Pramuka Ikuti Peran Saka di Batam


Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pontianak, pada 16-20 Juni, baru saja mengikuti kegiatan Perkemahan Antar (Peran) Saka Tingkat Nasional Tahun 2010 di Buper Marina Waterspring Pulau Nipah, Batam, Kepulauan Riau.

Kegiatan ini merupakan pertemuan antar Satuan Karya Se Indonesia, dan Kwarcab Kabupaten Pontianak mengirimkan dua anggota Pramuka Penegak atas nama Budi Gunawan dari Saka Bhayangkara dan Surya Ade dari Saka Bakti Husada.

Selama mengikuti Peran Saka, peserta mengikuti pelbagai kegiatan seperti upacara, olahraga, jumpa tokoh, workshop pengenalan Saka di Kapal KRI, keterampilan merakit perahu jong, radio amatir, kerajinan gong-gong dan lain sebagainya.

“Selain itu, selama bermalam di Pulau Nipah, peserta turut merasakan degradasi lingkungan yang dihadapi pulau yang hampir tenggelam itu, untuk kemudian melakukan aktivitas konservasi dan bakti masyarakat lain di Pulau Nipah dan Batam,” kata Ketua Kwarcab Kabupaten Pontianak, H. Rahmad Satria, SH, MH.

Kegiatan ini, lanjut Rahmad, diharapkan dapat menambah wawasan bagi para anggota Pramuka Penegak untuk diterapkan bagi sesama anggota pramuka. “Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi anggota pramuka kita,” ungkapnya.

Selain kegiatan Peran Saka, Kwarcab Kabupaten Pontianak juga akan ambil bagian dalam kegiatan Kemah Budaya Serumpun yang diikuti tiga negara yakni Indonesia, Malayasia dan Brunei Darussalam di Kabupaten Sambas, Desember mendatang. Pesertanya, pramuka berusia 13-17 tahun didampingi dua pembina pendamping.

Rahmad juga mengungkapkan, Kwarcab Kabupaten Pontianak memang selalu aktif mengirimkan kader-kader pramuka untuk mengikuti pelbagai kegiatan, baik dalam maupun luar daerah. "Kita tidak pernah ketinggalan mengirimkan kader kita, karena itu merupakan bentuk partisipasi dalam membina pramuka," pungkasnya.

0 comments: