Jumat, 18 Juni 2010

Pemprov Diminta Bangun Dermaga Temajo



Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, H. Rahmad Satria, SH, MH, meminta Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Dinas Pariwisata dapat membantu membangun sektor pariwisata di Kabupaten Pontianak.

Salahsatu bentuk dukungan tersebut adalah menganggarkan dana di APBD Provinsi Kalbar untuk membangun dermaga di Pantai Kijing dan Pulau Temajo, sehingga wisatawan akan lebih mudah menikmati keindahan pulau yang telah mendunia ini.

“Saat ini, salahsatu kendala datangnya wisatawan adalah tidak adanya dermaga memadai di Pulau Temajo. Nah, kita berharap pembangunan dermaga ini dapat dibantu oleh Pemprov Kalbar,” imbuh Rahmad.

Tak hanya dermaga, Rahmad juga berharap Pemprov melalui Dinas PU Provinsi Kalbar dapat kembali menganggarkan dana untuk penanggulangan abrasi pantai sepanjang 15 kilometer di wilayah pesisir Kabupaten Pontianak.

Ia melihat, salahsatu wilayah yang terparah digerus ombak adalah Desa Semudun, Kecamatan Sungai Kunyit, yang semakin dekat dengan pemukiman. “Saya mendapat laporan, jarak pantai dengan pemukiman warga tinggal beberapa meter lagi akibat abrasi ini,” katanya.

Penanaman Manggrove, beber Rahmad, belum merupakan solusi terbaik untuk mengatasi abrasi pantai. Ia melihat, manggrove yang ditanam warga, justru banyak yang mati, atau tersapu ombak.

0 comments: