Jumat, 04 Februari 2011

LDK di Pasir Panjang II, Siapkan Pemimpin Masa Depan






Pemahaman yang mudah dicerna dan menarik tentang teori kepemimpinan yang disampaikan Ketua Kwarcab Kabupaten Pontianak, H. Rahnad Satria, SH, MH, Mudjiono, dan beberapa pembina pramuka lainnya, mampu menarik antusiasme peserta Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Pantai Pasir Panjang II, Kota Singkawang.

LDK yang digelar selama tiga hari itu dan resmi berakhir sore kemarin, memberi banyak pengetahuan bagi para anggota pramuka penegak dan pandega tentang kepemimpinan, berorganisasi, dan kedisiplinan.

“Seorang pemimpin harus mau juga dipimpin. Menjadi pemimpin itu tidak mudah, berbeda dengan manajer,” kata Rahmad Satria yang didampingi Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Gerakan Pramuka, Mudjiono, di hadapan para peserta LDK.

Rahmad lantas menjelaskan, pelatihan dasar yang diberikan ini selain bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada anggota pramuka yang nantinya akan menjadi pemimpin di masa depan, juga untuk mempersiapkan peserta agar mampu menyelesaikan masalah di segala medan walau dalam keadaan mendesak

“Di antara adik-adik pasti ada yang akan menjadi pemimpin, meski untuk tingkatan paling kecil yaitu pemimpin keluarga. Sikap disiplin dan tegas harus senantiasa ditanamkan dalam diri kita semua,” jelasnya.

Sedangkan Kak Mudjiono mengatakan, LDK ini diselenggerakan sebagai upaya untuk lebih meningkatkan motivasi dari peserta sebagai pemimpin. “LDK ini adalah untuk menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan, menjadikan organisasi yang selalu berkembang dan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi di masa-masa mendatang,” ucapnya.

Selama mengikuti LDK, anggota pramuka selain diberikan teori, juga dilaksanakan praktik lapangan seperti out bond, mountaineering, rapling, dan pelatihan SARS. Suasana pelatihan pun dibuat menyenangkan, karena dilakukan di tepi pantai dan diselingi permainan kekompakan yang menarik

Walau ada peserta yang mengaku LDK cukup melelahkan, tapi berkat pengarahan instruktur yang menarik dan kegiatan di lapangan yang seru, membuat mereka mendapatkan pengalaman berharga yang tidak bisa ditemukan setiap saat.

0 comments: