Jumat, 04 Februari 2011

Robo’-Robo’ 2011, Rahmad Satria Dianugerahi Gelar Pangeran






Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, H. Rahmad Satria, SH, MH, Rabu (2/2) malam, dianugerahi gelar kehormatan Pangeran Nata Laksana dari Keraton Amantubillah oleh Raja Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa, Dr. Ir. Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim, M.Sc.

Sebelum penganugerahan gelar, Rahmad Satria terlebih dahulu mengikuti ritual yang dikenal dengan istilah Toana, sehari sebelum puncak Peringatan Robo’-Robo’ di Kuala Mempawah. Melalui ritual Toana itu, Rahmad Satria bersama empat orang penerima gelar lainnya, kemudian dikukuhkan oleh Pangeran Ratu Mulawangsa.

Sebelum dianugerahi gelar, calon penerima anugerah terlebih dahulu melaksanakan ritual toana dan memakan sejumlah jenis makanan yang sudah disiapkan, di antaranya telur, nasi pulut, ikan, tiga macam pisang, air kelapa, dan mengunyah sirih. Setelah itu, calon penerima anugerah menghadap Raja untuk menerima gelar dan memperoleh piagam pengesahan.

Acara penganugerahan ini merupakan salahsatu rangkaian prosesi perayaan Robo-Robo yang digelar dalam rangka mengenang napak tilas kedatangan Opu Daeng Manambon ke Mempawah.

Acara penganugerahan pada malam itu, dihadiri juga oleh istri Pangeran Ratu Mulawangsa, yakni Sinuhun Ratu Kencanawangsa, Dr. Ir. Arini Mariam, M.Sc, keluarga besar Kerajaan Mempawah dan pejabat Pemkab Pontianak dan raja-raja baik nusantara maupun negara tetangga.

Acara penganugerahan gelar pada malam itu juga dimeriahkan dengan peluncuran website resmi kerajaan Mempawah yaitu www.kerajaanmempawah.com. Situs ini memuat sejarah berdirinya Kerajaan Mempawah.

0 comments: