Kamis, 28 April 2011

Rahmad Satria Ajak Masyarakat Menanam Pohon


Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, H. Rahmad Satria, SH, MH, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menanam pohon di lingkungan masing-masing. Tindakan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang bertujuan untuk mengurangi dampak pemanasan global dan mencegah datangnya bencana alam.

“Sejak dini kita mesti mengantisipasi dampak pemanasan global dan mengantisipasi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan kekeringan air, caranya dengan melakukan penanaman pohon,” katanya usai menanam pohon memperingati Hari Menanam Pohon 2011 bersama Wakil Bupati Pontianak, Drs. H. Rubijanto, serta jajaran Muspida dan pejabat Pemkab Pontianak, di Halaman Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Senin (25/4).

Menurut Rahmad, pelbagai aktivitas yang bertujuan merusak kelestarian hutan selama ini telah mengakibatkan pemanasan global, kerusakan ekosistem dan kualitas lingkungan hidup serta menurunnya kesejahteraan masyarakat saat ini dan generasi mendatang.

“Salah satu upaya yang paling efektif mengatasi masalah ini melalui penanaman pohon. Karena pohon mempunyai kemampuan menyerap gas rumah kaca sebagai penyebab pemanasan global,” katanya.

Terkait pohon apa saja yang bisa ditanam, Rahmad mempersilahkan masyarakat untuk menanam pohon yang bermanfaat bagi keluarga dan juga bagi pelestarian lingkungan hidup dan penghijauan.

“Dengan menanam pohon yang bermanfaat, akan turut menunjang ketahanan pangan keluarga dan meningkatkan gizi keluarga serta bisa mengatasi masalah gizi buruk. Selain berguna untuk penghijauan, pohon itu juga dapat menghasilkan nilai tambah ekonomi bagi keluarga,” pungkasnya.

0 comments: