Senin, 23 September 2013

Tingkatkan SDM Pelatih, Disdikpora-Kwarcab Gelar KPD

Ketua Kwarda, Suyardi, didampingi Ketua Kwarcab, Rahmad Satria dan Kadisdikpora, Zulkifli Salim, menyerahkan tunggul pelatihan kepada instruktur.
Anjongan - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pontianak, bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka, menggelar Kursus Pelatih Dasar (KPD) yang diikuti 25 peserta. Kegiatan yang berlangsung 22 September-3 Oktober ini dilaksanakan di Balai Latihan Pegawai Pertanian (BLPP) Kalimantan Barat di Kecamatan Anjongan.
Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Barat, Drs H Suryadi MS, M.Si, yang membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada Disdikpora dan Kwarcab Kabupaten Pontianak yang sudah bekerjasama memprakarsai digelarnya KPD. Apalagi kegiatan ini baru pertama kali digelar di Kalbar dan peserta tidak dipungut biaya sepeserpun, karena sudah ditanggung dalam APBD Kabupaten Pontianak.
“Dengan demikian, peserta bisa fokus terhadap materi pelatihan agar bisa menyerap pelbagai ilmu pengetahuan tentang kepramukaan, untuk kemudian diterapkan di gugus depan dan satuan pendidikan masing-masing,” katanya.
Suryadi juga menilai Pemerintah Kabupaten Pontianak memiliki komitmen memajukan gerakan pramuka. Saat ini Kabupaten Pontianak sudah menjadi pionir pelaksanaan pelbagai kegiatan kepramukaan di Kalbar.
Buktinya, gerakan pramuka didukung penuh pemerintah daerah dengan dianggarkannya baju pramuka bagi guru. “Karena itu, apa yang sudah dipercayakan pemerintah daerah ini juga diiringi dengan keseriusan dan komitmen para calon pelatih pembina pramuka, agar serius mengikuti pelatihan ini,” ujarnya.
Sebelumnya Kepala Disdikpora Kabupaten Pontianak, Drs H Zulkifli Salim M.Si, menjelaskan, KPD dilaksanakan dalam rangka melahirkan pelatih terampil untuk para pembina pramuka di Kabupaten Pontianak, sehingga tujuan utama pembinaan pendidikan karakter bagi generasi muda bisa terwujud dengan baik.
“Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Disdikpora dan Kwarcab. Diharapkan, melalui kegiatan ini bisa menghasilkan pelatih-pelatih handal di kepramukaan, mengingat saat ini banyak gugus depan yang masih kurang atau tidak memiliki pelatih pramuka,” imbuhnya.
Sedangkan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pontianak, H Rahmad Satria SH MH, mengatakan, KPD ini merupakan salahsatu dari program Kwarcab dan Disdikpora. Setelah sebelumnya menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML), kini dilanjutkan dengan Kursus Pelatih Dasar (KPD).
Tak hanya mendapat ilmu dari para instruktur pramuka dari Kabupaten Pontianak dan Kalimantan Barat. Para peserta juga akan mengikuti studi banding di Jawa Barat guna mendapat ilmu pengetahuan di bidang kepramukaan yang lebih lanjut.
“Dilaksanakan KPD ini tidak terlepas dari amanah UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Tujuannya untuk menciptakan pelatih pramuka yang handal dan berkualitas dalam rangka membentuk karakter bangsa bagi generasi muda,” ucapnya.

0 comments: