Senin, 27 Juni 2016

Legislatif-Eksekutif Kedepankan Pelayanan Publik

Ketua DPRD Rahmad Satria membagikan tali asih kepada anak yatim saat menggelar reses di Masjid Nurul Islam Anjongan
Ketua DPRD Kabupaten Mempawah, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH, menegaskan bahwa proses realisasi pembangunan di Kabupaten Mempawah sudah merata di seluruh kecamatan. Meski ada beberapa daerah yang tetap memerlukan perhatian lebih, namun Rahmad menilai legislatif bersama eksekutif terus berupaya memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat.
Hal ini disampaikan Rahmad Satria saat menggelar reses di Masjid Nurul Islam, Kelurahan Anjongan Melancar Kecamatan Anjongan, Jumat (24/6) sore. Pada kegiatan itu, Rahmad berhasil menjaring sejumlah masukan, diantaranya soal keinginan masyarakat agar program pembangunan dari pemerintah daerah berjalan merata.
“Dari hasil reses ini saya menangkap keinginan masyarakat soal pemerataan pembangunan. Karena, selama ini mereka merasa pembangunan masih didomisili wilayah perkotaan. Sehingga belum menyentuh pada kepentingan masyarakat pinggiran atau marginal,” ungkap Rahmad Satria kepada para wartawan.
Rahmad mengungkapkan, pada prinsipnya pemerintah daerah ingin membangun seluruh wilayahnya dengan adil dan merata. Hanya saja, realisasinya di lapangan tetap harus memperhitungkan kondisi keuangan daerah. “Keterbatasan anggaran yang ada, membuat kami harus menetapkan skala prioritas dalam proses pembangunan di masyarakat,” jelas dia.
Terkait penetapan prioritas pembangunan, Ketua Badan Anggaran DPRD Kabupaten Mempawah ini menyebut pihaknya saat ini mengedepankan program pelayanan publik. Artinya, pembangunan infrastruktur terkait pelayanan publik akan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Mempawah.
“Misalnya pembangunan gedung puskesmas. Kalau fasilitasnya kurang baik, maka dapat menghambat akses pelayanan kesehatan masyarakat. Makanya fasilitas tersebut harus ditingkatkan supaya derajat kesehatan masyarakat semakin baik,” ungkapnya.
Prioritas selanjutnya, imbuh Rahmad, difokuskan pada pembangunan kantor camat. Pada tahun anggaran 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Mempawah mulai membangun Kantor Camat Mempawah Hilir. Pembangunan tersebut, dinilai Rahmad akan dapat memaksimalkan pelayanan pihak kecamatan kepada masyarakat.
“Sebelum Kantor Camat Mempawah Hilir, kita sudah membangun Kantor Camat Sungai Pinyuh, Siantan, Mempawah Timur, dan Toho. Kantor-kantor camat tersebut sudah layak dibangun baru, karena kondisi sebelumnya sudah memprihatinkan dan bisa membahayakan pegawai maupun masyarakat yang datang,” ucapnya.
Di samping pembangunan fasilitas publik, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Mempawah ini mengatakan infrastruktur jalan juga masuk dalam skala prioritas program pembangunan daerah. Sebab pembangunan infrastruktur jalan dipastikan akan membuka akses daerah terisolir sekaligus mempermudah transportasi masyarakat.
“Pada tahun ini, anggaran daerah sudah mencapai Rp 1 triliun. Kita akan upayakan semaksimal mungkin agar program pembangunan direalisasikan secara adil dan merata diseluruh wilayah di Kabupaten Mempawah,” pungkas dia.
Pada pelaksanan reses itu, pria yang merupakan calon kuat Bupati Mempawah juga menyerahkan tali asih kepada puluhan anak yatim. Setelah itu dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan Ustaz Sahibul Hil dari Desa Wajok Hilir. Turut hadir dalam kegiatan itu, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Mempawah.

0 comments: