Jumat, 13 Agustus 2010

Parpol Berperan Besar Mensukseskan Pemilu


Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, H. Rahmad Satria, SH, MH, mengatakan, pelatihan dan pendidikan Pemilu, merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat untuk mempelajari dan memahami Pemilu.


“Ini bertujuan agar masyarakat benar-benar memahami arti dari Pemilu, yang merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas dan rahasia,” katanya saat menjadi narasumber seminar yang digelar KPU Kabupaten Pontianak dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu mendatang.


Lanjutnya lagi, untuk melaksanakan demokrasi yang berkualitas, seluruh element masyarakat harus memahami aturan undang-undang seperti UU Nomor 22 Tahun 2007 tentang Pemilu, UU No 2 tahun 2008 tentang Parpol dan PP No 1 Tahun 2009, tentang perubahahnUU nomor 10 tahun 2008 tentang Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD.


“Kegiatan ini sangat penting guna menyukseskan pemilu kedepan dan meningkatkan kualitas demokrasi di Kabupaten Pontianak,” katanya.


Selain itu, Rahmad juga mengungkapkan bahwa peran serta parpol dalam mensukseskan pemilu legislatif dan presiden memang besar. “Tanpa adanya peran serta parpol, kinerja KPU dalam mengingkatkan partisipasi masyarakat tidak akan maksimal,” ucapnya Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pontianak ini.

0 comments: