Senin, 16 Agustus 2010

Rahmad Satria Terima Lencana Dharma Bakti


Momen Peringatan HUT ke-49 Pramuka yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Segedong, Kecamatan Segedong, Sabtu (14/8), ditandai dengan pemberian penghargaan Lencana Dharma Bakti kepada sembilan orang pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pontianak.

Salahsatunya penerima penghargaan yang dinilai berjasa dengan menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam mengembangkan Gerakan Pramuka adalah Ketua Kwarcab, H. Rahmad Satria, SH, MH. Penghargaan dari Kwartir Nasional itu disematkan Kamabicab Kabupaten Pontianak, Drs. H. Ria Norsan, MM, MH.

Pada upacara yang berlangsung khidmat dan sederhana itu diikuti ratusan anggota Pramuka dari Kwarcab Kabupaten Pontianak dari tingkatan siaga, penggalang, penegak dan pembina. Pada kesempatan itu Bupati Ria Norsan menjadi inspektur upacara membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Profesor, Dr. dr. Azrul Azwar, M.Ph.

Usai menerima penghargaan Lencana Dharma Bakti dan Piagam tersebut, Rahmad Satria, berpendapat bahwa suatu penghargaan yang dianugerahkan ini bukanlah akhir dari suatu aktivitas bagi dirinya, melainkan ini merupakan awal yang perlu dilanjutkan dan ditingkatkan dimasa depan dalam berkarya di pelbagai aktivitas, khususnya digerakan Pramuka.

Sedangkan terkait Revitalisasi Gerakan Pramuka yang sudah berjalan selama empat tahun, dianggap merupakan salahsatu pilar pendidikan bagi generasi muda di Indonesia dan sudah memperlihatkan hasil yang cukup menggembirakan.

“Revitalisasi ini sudah berjalan empat tahun. Saya menilai kegiatan pramuka di Kabupaten Pontianak semakin baik. Karena itu saya harapkan revitalisasi ini terus berjalan lebih maksimal lagi. Dengan demikian, kita berharap revitalisaso ini akan menghasilkan kader pemimpin bangsa di masa depan,” harapnya.

Rahmad Satria juga mengakui, sejak beberapa tahun terakhir memang ditemukan gejala semakin lunturnya semangat dan rasa kebangsaan di kalangan kaum muda yang dapat dilihat dari rendahnya solidaritas sosial, menipisnya semangat bela negara serta semakin berkurangnya pemahaman kaum muda terhadap sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa. “Untuk mengatasi ini, pemerintah memang sedang bekerja keras melaksanakan pelbagai kegiatan untuk membangun karakter bangsa guna menjamin keberhasilan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara, yang antara lain mempercayakannya kepada Gerakan Pramuka,” ucapnya.


0 comments: