Kamis, 11 November 2010

Pemkab Mesti Tingkatkan Anggaran RSP


Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, H. Rahmad Satria, SH, MH, mengatakan peran Radio Suara Praja (RSP) sangat penting untuk menyampaikan informasi hasil-hasil pembangunan, maupun penyebarluasan agenda Pemkab dan DPRD Kabupaten Pontianak kepada masyarakat.

“Karena itu, eksistensi Radio Suara Praja harus terus ditingkatkan dengan menyediakan anggaran yang cukup. Kita (DPRD, red) berharap Pemkab Pontianak dapat mengalokasikan tambahan anggaran bagi operasional Radio Suara Praja pada tahun 2011,” tegas Rahmad Satria.

Penambahan anggaran itu tidak hanya untuk keperluan teknis, namun juga untuk peningkatan sumberdaya tenaga penyiar agar semakin baik. Misalnya, perbaikan daya jangkau siaran RSP yang dinilai sudah menurun, tak lagi kuat seperti dulu.

“Saya selalu memonitor siaran RSP di dalam mobil dinas saya. Dulu daya jangkau siarannya hingga ke Sambas dan Pontianak, sekarang ini saya nilai sudah jauh menurun. Ini yang perlu ditingkatkan, misalnya dengan perbaikan peralatan siaran maupun antena,” bebernya.

Kemudian soal kualitas sumberdaya yang dinilai Rahmad Satria, juga harus segera ditingkatkan. Untuk itu, perlu pelatihan bagi para penyiar di radio-radio yang bonafid agar para pendengar semakin betah.

“Misalnya, pelatihan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika memang ingin menggunakan bahasa daerah, itu tidak masalah. Jadi silakan saja bahasa daerah dibakukan oleh penyiar RSP dalam rangka mengangkat budaya Kabupaten Pontianak,” sarannya.

Kemudian, diperlukan pula pelatihan penyusunan program acara sehingga sesuai dengan perkembangan zaman, disenangi semua kalangan, dan mampu menyentuh dunia pendidikan. “Saya amati sekarang ini, segmen pendidikan masih kurang di Radio Suara Praja,” beber Rahmad.

Karena RSP adalah milik Pemkab Pontianak dan dibiayai dalam APBD, maka Rahmad berharap radio plat merah ini jangan menarik iklan komersial dari pihak lain. “Namun jika bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan untuk menggelar suatu acara sosial kemasyarakatan, silakan saja,” pungkasnya.

0 comments: