Senin, 24 Januari 2011

Pramuka Tuna Rungu Keliling Indonesia


Seorang Anggota Pramuka Luar Biasa (APLB), bernama Peri yang tuna rungu asal Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, 4 Desember 2010 lalu mengunjungi Gedung DPRD Kabupaten Pontianak untuk bertemu Ketua DPRD, H. Rahmad Satria, dalam rangkaian perjalanan dirinya keliling Indonesia.

Kepada para wartawan, Peri menjelaskan niatnya keliling Indonesia untuk bertemu seluruh pejabat se-Indonesia dan mempelajari adat istiadat setiap daerah. “Saya berkeliling Indonesia sejak 2009, hanya ingin mencari pengalaman. Dan selain itu kami ingin meminta ucapan selamat dan berpose bersama mereka,” ucap Peri, melalui sebuah tulisannya di selembar kertas.

Ia juga menunjukkan bukti dokumen yang dibawanya selama berkeliling, dimana terdapat sekitar ratusan lembar surat tugas yang didapatkan Peri dari para pejabat di Pulau Jawa, selama berkeliling Indonesia. “Saya masuk pramuka dari tingkat Siaga dan ingin keliling Indonesia,” kata Peri yang mengenyam pendidikan di SLB Pancaran Kasih Cirebon.

Usai mengunjungi Kota Pontianak, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Pontianak, Peri akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sambas untuk kemudian berangkat ke Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Sementara itu, Rahmad Satria, di sela-sela pertemuan itu, memuji perjalanan pramuka tunarungu ini berkeliling Indonesia. “Administrasi dan arsip perjalanannya lengkap, bahkan setiap daerah dikunjunginya di dokumentasi dengan rapi. Saya salut dengan Peri, yang memiliki semangat juang yang tinggi, walaupun seorang diri mampu melakukan perjalanan ini,” katanya.

Apa yang sudah dilakukan Peri, dinilai Rahmad Satria patut dicontoh anggota pramuka lainnya, terutama dari semangatnya mengelilingi Indonesia. “Saya doakan semoga perjalanan yang dilakukan Peri, senantiasa dilindungi Tuhan dan selamat sampai tujuan,” pungkasnya.

0 comments: