Selasa, 27 Desember 2011

Kwarcab akan Gelar Bimtek Karakter Bangsa

Kwarcab Kabupaten Pontianak menggelar rakor persiapan pelaksanaan Bimtek Karakter Bangsa. FOTO FISA
Menciptakan generasi muda yang memiliki karakter dan berwawasan kebangsaan, menjadi salahsatu fokus perhatian Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Pontianak dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Atas dasar itulah, keduanya bekerjasama melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Karakter Bangsa bagi para guru SD dan SMP se Kabupaten Pontianak tahun 2011, yang menurut rencana digelar 10-12 Januari 2012.
Bimtek yang alokasi dananya berasal dari pusat ini pun tidak semua daerah di Kalbar yang melaksanakan, karena hanya tiga kabupaten/kota yang mendapatkan kesempatan, yakni Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak dan Kabupaten Sambas.
Hal ini disampaikan Ketua Kwarcab Kabupaten Pontianak, H. Rahmad Satria, SH, MH, ditemui saat melaksanakan rapat koordinasi persiapan bimtek dengan pengurus Kwarcab di Gedung PGRI Mempawah, pagi kemarin.
“Tidak semua daerah di Kalbar yang melaksanakan. Hanya tiga kabupaten/kota saja yang menerima kucuran dana Rp 50 juta dari pusat untuk menggelar bimtek tersebut. Ini jelas menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Pontianak,” katanya.
Untuk itu, Rahmad Satria mengharapkan dukungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak, serta para kepala sekolah untuk mengirimkan utusan mengikuti Bimtek tersebut.
“Kita berkewajiban untuk melaksanakan dan menyukseskan kegiatan ini. Pendidikan karakter bangsa perlu disampaikan kepada semua guru-guru, karena mereka diharapkan dapat menjadi pembina serta pelatih dan pendamping dari ekstrakulikuler kepramukan di sekolah,” ujarnya.
Rahmad berharap, guru dan pelajar yang sudah mendapatkan pendidikan karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan bisa menerapkan nilai karakter bangsa, diantaranya religius, jujur, toleransi, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab, di dalam kehidupan sehari-harinya.

0 comments: