Jumat, 06 Mei 2016

Anggota Pramuka Cinta Tanah Air

Ketua Kwarcab, Rahmad Satria, memasangkan tanda peserta Jambore Ranting Sungai Pinyuh
Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Mempawah, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH, Kamis (5/5), membuka pesta pramuka tingkat penggalang Jambore Ranting (Jamran) Kecamatan Sungai Pinyuh. Kegiatan yang dipusatkan di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Sungai Bakau Besar Laut, diikuti 160 pramuka dari sepuluh Gugus Depan (Gudep) di Kecamatan Sungai Pinyuh.
Dalam sambutannya, Kak Rahmad Satria, mengatakan, Jamran maupun berbagai kegiatan kepramukaan lainnya, memiliki manfaat yang besar terutama dalam upaya melahirkan generasi muda yang memiliki karakter bangsa, termasuk diantaranya menanamkan semangat dan kecintaan terhadap tanah air.
“Dengan merah putih yang dikenakan di leher kita ini  menandakan bahwa anggota pramuka cinta terhadap tanah air. Karena banyak generasi-generasi bangsa saat ini yang lupa dengan kewajibannya untuk mencintai tanah air. Makanya melalui gerakan pramuka ini, kita tanamkan semangat dan kecintaan terhadap tanah air sejak dini,” katanya.
Berbicara soal Jamran, dijelaskan Rahmad, merupakan satu diantara persyaratan bagi para anggota pramuka untuk menjadi seorang pramuka garuda. Dia kemudian mengajak seluruh pramuka penggalang baik tingkat ramu, rakit dan terap terus aktif di berbagai kegiatan kepramukaan agar bisa menjadi pramuka garuda.
“Jambore ini merupakan bagian dari pesta pramuka di tingkat penggalang. Khusus jambore ranting ini sangat penting, karena untuk menyongsong jambore yang lebih tinggi, termasuk untuk syarat meraih Syarat Kecakapan Umum, Syarat Kecakapan Khusus, dan Pramuka Garuda,” jelas dia.
Lebih lanjut, Ketua DPRD Kabupaten Mempawah itu kembali menegaskan tekad Kwarcab Pramuka Mempawah dalam mempertahankan prestasi yang telah dicapai pada 2015 lalu. Yakni sebagai Kwarcab Tergiat se-Kalbar periode 2015-2020.
“Dengan kerja sama dari seluruh pengurus Kwarcab, Kawaran, Pembina, Pelatih dan Gudep, saya yakin kita mampu mempertahankan predikat tersebut dimasa mendatang. Selamat kepada Kwaran, Panitia dan seluruh peserta Jambran Pramuka Kecamatan Sungai Pinyuh,” ucapnya mengakhiri.
Sebelumnya Ketua Panitia Jamran tingkat Penggalang Kecamatan Sungai Pinyuh, Muhammad Anwar mengatakan, jambore yang diikuti 160 anggota pramuka tersebut merupakan kali pertama dilaksanakan di kecamatan itu. Jambore, menurut dia, bertujuan untuk membentuk karakter positif para anggota pramuka sekaligus wadah silaturahmi.
“Selama Jamran yang dilaksanakan tiga hari, 5-7 Mei, para peserta mengikuti berbagai kegiatan seperti karnaval, Isra Miraj, pentas seni, hasta karya, seminar lalu lintas, seminar HIV/AIDS dan narkoba, permainan, bakti lingkungan dan api unggun,” katanya.
Pembukaan Jamran pramuka Kecamatan Sungai Pinyuh itu dihadiri Ketua Mabiran Sungai Pinyuh, Drs. Rochmat Effendy, MM, beserta jajaran Mabiran, Ketua Kwarran Sungai Pinyuh, Fuadi, serta para pembina pramuka di Kecamatan Sungai Pinyuh.

0 comments: