Kamis, 26 Mei 2016

Rahmad Satria Tularkan Teknik Mencuri Waktu

Peserta Jesoefa Camp dikalungi tanda peserta oleh Ketua Kwarcab, Rahmad Satria
Momen peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-9 Gugus Depan (Gudep) Pramuka Jendral Soeharto-Fatmawati (Jesoefa) pangkalan SMPN 2 Segedong, Rabu (25/5), dimanfaatkan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Mempawah, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH, berbagi tips sukses. Di hadapan ratusan anggota pramuka, ia mengajarkan tentang teknik mencuri waktu.
“Teknik mencuri waktu tentu tidak melanggar hukum. Orang yang pandai mencuri waktu akan menjadi orang yang sukses. Pengalaman saya selama mengenyam pendidikan sekolah dan kuliah adalah mencuri waktu di setiap kesempatan yang ada untuk belajar. Alhamdulillah, saya bisa menjadi seperti sekarang, berkat teknik mencuri waktu itu,” kata Rahmad.
Dihadapan para anggora pramuka, Ketua DPRD Kabupaten Mempawah tiga periode ini kemudian berbagi cara mencuri waktu atau memanfaatkan waktu untuk menghadapi ujian sekolah. Siswa, dimintanya untuk senantiasa membawa buku pelajaran.
“Dengan selalu membawa buku pelajaran, maka siswa bisa mencuri-curi waktu untuk selalu belajar dimana dan kapanpun. Walau di sela-sela kegiatan lain, seperti kepramukaan kita harus selalu menyempatkan diri untuk belajar. Berprestasi di bidang ekstrakurikuler, juga berprestasi di bidang akademik di sekolah,” ujarnya.
Bagi pelajar yang bisa memanfaatkan waktu, Rahmad meyakini, akan membawa kesuksesan bagi dirinya. Waktu yang dimanfaatkan dengan baik merupakan kunci menuju sukses. Tak hanya dunia tetapi juga akhirat. Menurut Ketua ORARI Lokal Mempawah ini, ada perbedaan mencolok antara orang yang sukses dan tidak sukses.
“Bisa kita lihat dari cara orang itu memanfaatkan waktu luang. Orang yang sukses, dia selalu meanfaatkan waktu luang dengan sebaik mungkin untuk belajar dan hal bermanfaat lainnya. Sebaliknya, orang yang gagal tidak mampu memanfaatkan waktu luang. Waktunya akan menjadi sia-sia karena tidak dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.
Terkait pelaksanaan kegiatan perkemahan dengan tajuk Jesoefa Scout Camp 2016, Rahmad Satria mengingatkan peserta agar menjadi pramuka modern, yang bisa memanfaatkan waktu sesuai dengan kemanfaatannya. “Misalnya, cuaca panas maka manfaatkan untuk kegiatan didalam ruangan. Nah, kalau cuaca sudah teduh barulah laksanakan aktivitas diluar ruangan,” jelas dia.
Ketua Panitia Jesoefa Camp 2016, Awaluddin dalam laporannya mengatakan kegiatan perkemahan ini sudah memasuki tahun pelaksanaan kedua. Perkemahan pramuka penggalang SD/MI tingkat Kabupaten Mempawah itu dilaksanakan dalam rangka HUT ke-9 Gudep Jendral Soeharto-Fatmawati yang berpangkalan di SMPN 2 Segedong. Kegiatan berlangsung 24-28 Mei.
“Jenis lomba yang akan diikuti para peserta seperti, LKBB dasar, jesoefa smart competion, vokal grup, karnaval poin, pionering poin, semapore competion, formasi sandi, hasta karya, morse, puisi dan tali temali,” ujarnya.

0 comments: