Jumat, 06 Mei 2016

Siswa Madrasah Jadi Manusia Bermanfaat

Ketua Lembaga Rahmatan 'Lil Alamin Wajok Hilir, Rahmad Satria, melepas 65 siswa-siswi MA Rahmatan 'Lil Alamin di Gedung UPLKB Jungkat
Madrasah Aliah (MA) Rahmatan 'Lil Alamin, Desa Wajok Hilir, Kecamatan Siantan, Kamis (5/5), melepas 65 siswa kelas XII. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Unit Pendidikan dan Latihan Kerja Bersama (UPLKB) Kalimantan Barat di Desa Jungkat ini turut dihadiri Ketua Lembaga Rahmatan 'Lil Alamin, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH.
Dihadapan para siswa yang akan dilepas, Rahmad Satria menekankan pada 3 hal, yaitu impian, potensi dan takwa. Itu sejalan dengan tema penglepasan siswa MA Rahmatan 'Lil Alamin tahun ajaran 2015/2016, yaitu “Genggamlah Dunia dengan Impianmu, Ubah Dunia dengan Potensimu dan Capai Akhirat dengan Takwamu”.
Hal pertama berkaitan dengan impian. Siswa menurut Rahmad, harus mempunyai impian yaitu menjadi orang yang bermanfaat dan bermakna bagi orang lain. Kemudian yang kedua dan ketiga adalah tentang potensi dan takwa. Berbicara soal potensi besar, imbuh Rahmad, ada dalam hati setiap siswa.
“Nah berbicara soal hati, maka satu diantara potensi yang besar itu menyangkut soal keikhlasan. Keikhlasan itu tidak bisa lepas dari ketakwaan. Dan orang-orang yang bertakwa maka mencapai tingkatan iman yang tertinggi yaitu muttaqin. Ketiga hal ini harus kalian tanamkan dalam hati,” katanya.
Tidak lupa, Ketua DPRD Kabupaten Mempawah ini meminta kepada para siswa yang lulus untuk tidak melupakan jasa para guru dan pengurus lembaga yang sudah berjuang tanpa lelah. Guru, tambah Rahmad, dengan penuh ikhlas memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat kepada para siswa untuk mencapai masa depan yang lebih baik.
“Jika ingin sukses dunia dan akhirat, maka kalian harus selalu menyayangi kedua orang tua, guru serta orang yang berjasa padamu. Jangan sampai seperti kacang lupa kulitnya. Karena tanpa kedua orang tua dan guru, kalian tidak akan menjadi apa-apa, “ ujarnya berpesan.
Sebelumnya, Kepala MA Rahmatan ‘Lil Alamin, Nur’aini, dalam laporannya mengatakan, proses penglepasan 65 siswa MA Rahmatan ‘Lil Alamin angkatan ketiga tahun ini terasa istimewa, karena jumlahnya paling banyak dibanding tahun sebelumnya. “Alhamdulillah selama mengenyam pendidikan disini, para siswa tidak ada yang tersangkut kasus kriminal, narkoba maupun perkelahian,” ungkapnya.
Mengakhiri laporannya, Nur’aini atas nama pribadi, guru dan pengurus lembaga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada siswa dan orang tua apabila selama proses pembelajaran ada kesalahan baik kata ataupun sikap dari para guru.
“Jika nanti lulus tidak ada pamrih yang kami minta kalian membalasnya. Kami hanya mengharapkan pahala. Harapan kami, kalian selalu mendoakan kami agar selalu sehat dan diberi limpahan rezeki dari Allah SWT,” ucapnya.
Penglepasan 65 siswa MA Rahmatan ‘Lil Alamin turut dihadiri Kepala Desa Wajok Hilir, Abdul Madjid, Kepala KUA Kecamatan Siantan, Mahmud Jayadi yang mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, dewan guru, pengurus lembaga, para orang tua dan wali siswa, serta ratusan siswa MA Rahmatan ‘Lil Alamin.

0 comments: