Jumat, 28 April 2017

Dorong Inovasi Petani dan Nelayan

Ketua DPRD, Rahmad Satria, didampingi Sekda Mochrizal dan Kepala DPKP2, Ridwan Rusli, menggunting pita sebagai tandai dimulainya pasar tani nelayan di halaman DPKP2 Mempawah
Semarak pasar tani dan nelayan yang berlangsung dua hari, 26-27 April 2017 di halaman Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKP2) Kabupaten Mempawah, mendapat dukungan penuh dari Ketua DPRD Kabupaten Mempawah, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH. Ia menilai pasar yang digagas DPKP2 itu mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

“Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini tetapi dapat dilanjutkan seterusnya. Saya menilai kegiatan ini sangat bermanfaat. Tak hanya bagi para petani dan nelayan tetapi juga masyarakat. Disini masyarakat bisa mendapatkan beragam produk-produk olahan pertanian dan perikanan dengan harga terjangkau,” katanya disela-sela meninjau stan pasar tani nelayan, Rabu (27/4).
Beras asli Kabupaten Mempawah yang disukai Rahmad Satria
Selama meninjau stan dan melihat langsung berbagai produk yang dijual para petani dan nelayan, Rahmad Satria tertarik. Diantaranya beras asli dari pertanian di Kabupaten Mempawah, kemudian berbagai jenis ikan asin, olahan nenas dan sayur-mayur.

“Saya lihat beras asli Mempawah tidak kalah dengan beras dari luar seperti pulau Jawa. Beras Mempawah yang dijual disini, nasinya bagus. Sudah saya coba. Belum lagi abon jantung pisang, selama ini masyarakat hanya tahu abon dari daging sekarang ada dari sayur-sayuran. Ini langkah inovatif dari petani dan nelayan dan harus ditingkatkan sehingga menjadi ciri khas Mempawah kedepannya,” ungkapnya.
Ketua DPRD, Rahmad Satria didampingi Kepala DPKP2, Ridwan Rusli, sedang menunjukkan produk olahan nenas Kabupaten Mempawah
Berkaitan dengan produk-produk asli Kabupaten Mempawah, Rahmad Satria meminta pelaku usaha baik dari kalangan petani maupun nelayan nantinya dapat mengemas secara menarik produk yang dihasilkan. Diantaranya dengan memberi merk atau label sehingga bisa menambah nilai jual.

“Selain sebagai ciri khas, label atau merk juga memudahkan masyarakat atau konsumen untuk mengingat produk yang dihasilkan. Apalagi sekarang market-market besar dan modern menginginkan produk UMKM memiliki label dan merk. Jika tidak ada, maka sulit untuk memasarkannya,” ujar dia.

0 comments: