Kamis, 13 April 2017

Program Kwarcab Mempawah Nyata di Masyarakat

Ketua Kwarcab, Kak Rahmad Satria, saat memberikan sambutan pada Rakercab Kwarcab Mempawah 2017
Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Mempawah, menggelar agenda tahunan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) tahun 2017 di Sekretariat Kwarcab Mempawah, Jalan Raden Kusno, Rabu (12/4). Diikuti 59 peserta dari Kwarcab, Kwartir Ranting (Kwarran) dan Dewan Kerja Ranting (DKR), Rakercab dibuka Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Barat, Drs. H. Suryadi MS, M.Si.

Ketua Kwarcab Mempawah, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH, dalam sambutannya mengatakan Rakercab ini merupakan agenda tahunan. Tujuannya untuk menyusun dan mempersiapkan program-program kegiatan kepramukaan khususnya di Kwarcab Mempawah kedepan.

“Secara luas Rakercab ini tujuannya bagaimana menjadikan seluruh anggota Gerakan Pramuka memiliki karakter bangsa yang kuat sesuai dengan program Presiden RI, Joko Widodo yakni Revolusi Mental,” katanya.
Ketua Kwarda, Kak Suryadi, membuka secara resmi Rakercab Kwarcab Mempawah
Pada kesempatan itu, Rahmad Satria secara khusus mengatakan kepramukaan tidak terlepas dari input, proses, output dan outcome. Untuk input, imbuh dia, bisa diperoleh dari kegiatan Rakercab seperti ini. Masukan-masukan yang didapat selama rakercab kemudian diproses dan menghasilkan suatu output yaitu kegiatan-kegiatan kepramukaan.

“Nah persoalan yang kita hadapi adalah outcome adalah bagaimana implikasinya dari kepramukaan terhadap peserta didik agar memiliki karakter bangsa. Ini tantangan besar bagi kita. Kalau menyangkut ouput, tidak ada masalah. Banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan yang imbasnya kita memperoleh predikat Kwarcab Tergiat I se Kalimantan Barat dari Kwarda Kalbar, beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Tidak lupa Rahmad mengajak jajaran pengurus Kwarcab dan Kwarran dapat melaksanakan kegiatan kepramukaan dengan aktif sampai di tingkat gugus depan. “Mari kita berbuat dan kerja sebaik-baiknya untuk pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka di Kabupaten Mempawah dengan mendepankan 4 AS yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas serta kerja ikhlas yang mendasari kegiatan kita,” ucapnya.
Para Ketua Kwarran se Kabupaten Mempawah menerima dana bantuan operasional untuk Kwarran dari Kwarcab Mempawah yang diserahkan Ketua Kwarcab, Kak Rahmad Satria
Ketua Kwarda Kalbar, Suryadi, secara khusus memuji eksistensi Gerakan Pramuka di Kabupaten Mempawah dibawah kepemimpinan Rahmad Satria yang dibantu jajaran pengurus Kwarcab dan Kwarran yang solid. Ia menilai Kwarcab mampu memperlihatkan secara nyata kepada masyarakat program-program kerja dan kegiatan kepramukaan yang terpublikasikan dengan baik melalui media massa.

“Saya senang kwarcab yang melaksanakan kegiatan diekpose di media massa. Dengan demikian orang tahu betapa besar manfaat kegiatan pramuka bagi generasi muda yang sudah terkontaminasi hal-hal yang kita lihat bersama sudah dalam lingkaran merah di Kalbar, kita sangat prihatin. Mari kita rapatkan barisan dan saling mengisi memajukan Gerakan Pramuka di Kalbar dan tanah air,” ucapnya.

Terkait rakercab, dijelaskan Suryadi akan menjadi momen untuk mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan dan apa saja yang belum dilaksanakan dimasa mendatang. Dengan demikian kinerja Kwarcab Mempawah akan lebih baik dan tercapai tujuannya. Apalagi, imbuh dia, pramuka ini organisasi suka rela yang harus kita kerjakan dengan ikhlas. Karena, generasi muda diluar sana mengharapkan dan menunggu program-program strategis yang akan dilaksanakan nantinya.

“Saya berharap apa yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk Kwarcab Pramuka Mempawah bisa dioptimalkan sehingga menghasilkan suatu implikasi yang baik untuk pembinaan karakter generasi muda di daerah ini,” ucapnya.
Para peserta Rakercab berfoto bersama dengan Ketua Kwarda, Kak Suryadi dan Ketua Kwarcab, Kak Rahmad Satria serta jajaran pengurus Kwarcab
Sebelumnya Ketua Panitia Rakercab, Daryono, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan 12-13 April di Sekretariat Kwarcab Mempawah. Peserta Rakercab berjumlah 59 peserta yang terdiri dari pengurus kwarcab 23 orang, ketua dan sekretaris kwarran se Kabupaten Mempawah 18 orang, ketua dan wakil ketua dewan kerja ranting 18 orang.

Pada kesempatan itu, Rahmad Satria yang didampingi Ketua Kwarda juga menyerahkan bantuan dana operasional dari Kwarcab Mempawah untuk Kwarran di sembilan kecamatan sebesar masing-masing Rp 5 juta.

0 comments: