Senin, 01 Agustus 2016

Turnamen Bergengsi ISAC XI Dimulai

Wakil Bupati, Gusti Ramlana, bersama Ketua Askab PSSI Mempawah, Rahmad Satria, Ketua KONI, Ali Bakar mengangkat bola bersama wasit ISAC ke-XI
Turnamen sepakbola Invitasi Sepakbola Antar Club (ISAC) ke-XI Satria Buana Cup se Kalimantan Barat, di Lapangan Rahmad Satria, Parit Wak Dongkak, Desa Wajok Hilir, Kecamatan Siantan, Sabtu (30/7) sore, resmi dimulai. Diikuti 82 kesebelasan dari berbagai kabupaten/kota di Kalbar, turnamen ini dibuka Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana, S.Sos.
Peserta yang ambil bagian dalam turnamen ini juga bukan kesebelasan sembarangan, tapi merupakan tim unggulan yang sengaja di undang panitia. Tak heran, turnamen bergengsi yang sempat vakum sekitar 2 tahun ini, menarik perhatian ribuan masyarakat pecinta sepakbola di Kalimantan Barat.
Ketua Umum Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Mempawah, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH, menilai turnamen ini berbeda daripada yang lain. Kenapa dikatakan lain? Karena jika biasanya suatu turnamen sepakbola dibuka secara umum melalui sistem pendaftaran dan diikuti tim mana saja, maka sistem berbeda diterapkan panitia ISAC.
“Disini  kita undang kesebelasan yang tangguh dan memiliki track record yang baik, tak hanya dari sisi tingkah laku pemain tetapi juga suporter. Jadi jika ada kesebelasan atau supoter yang suka membuat kericuhan atau masalah selama turnamen ini berlangsung, maka jangan harap pada penyelenggaraan ISAC selanjutnya akan diundang lagi,” tegas dia.
Rahmad menilai, turnamen ISAC ke-XI ini tak hanya menjadi ajang menjalin silaturahmi antar kesebelasan, tetapi juga mencari bibit-bibit pemain berbakat khususnya di Kabupaten Mempawah yang nanti bisa diseleksi masuk ke tim Persiwah Mempawah di ajang kompetisi tingkat daerah maupun nasional kedepannya.
“Kepada penonton, saya minta untuk tetap santun dan mempercayakan semua proses pertandingan kepada wasit. Karena jika penonton atau suporter sudah terlibat, maka disitu awal dari kericuhan. Mari kita sama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Menang kalah itu biasa, tetapi bagaimana kita memajukan sepakbola di Kalbar, khususnya di Kabupaten Mempawah,” ucapnya.

Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana, S.Sos, atas nama Pemerintah Kabupaten Mempawah menyambut baik dan memberikan dukungan penuh penyelenggaraan turnamen ISAC ke-XI. Ia menilai turnamen ini menjadi ajang untuk melihat potensi sekaligus sebagai evaluasi perkembangan kemajuan dan upaya untuk memajukan pesepakbolaan di Kabupaten Mempawah.

“Saya berharap turnamen ini berlangsung tertib, aman dan lancar, serta melahirkan pesepakbola handal Kabupaten Mempawah dan Kalimantan Barat. Selamat bertanding, tetap jaga sportivitas,” ujarnya berpesan.

Pembukaan turnamen ISAC Satria Buana Cup ke-X yang menggunakan sistem gugur ini, ditandai dengan pertandingan perdana antara kesebelasan Mandiri Kota Pontinak melawan Persipon Allstar. Pertandingan ini akhirnya dimenangkan Persipon Allstar melalui drama adu penalti dengan skor 4-1, setelah hasil imbang 2-2 pada waktu normal 2x45 menit.

Pembukaan ISAC ke-XI Satria Buana Cup turut dihadiri Ketua KONI Kabupaten Mempawah, Drs. HM Ali Bakar, Ketua Harian PSSI Kabupaten Mempawah, Drs. Jailani, MM, Kepala BNN Kabupaten Mempawah, AKBP H Abdul Haris Daulay, SH, Muspika Kecamatan Siantan, pimpinan SKPD, serta para tamu undangan lainnya.

0 comments: