Senin, 27 Februari 2017

Rahmad : DPRD Siap Dukung Porsema

Rahmad Satria bersama Kekanwil Kemenag Kalbar, Syahrul Yadi, serta Kepala Kemenang Mempawah, Isriyah, melepas balon saat pembukaan Porsema di MAN Mempawah
Ketua DPRD Kabupaten Mempawah, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH, menghadiri pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Madrasah (Porsema) ke-IV se Kabupaten Mempawah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mempawah, Sabtu (25/2). Kegiatan ini dibuka secara resmi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Kalimantan Barat, Drs. Syahrul Yadi, M.Si.

Rahmad Satria yang mendapat kesempatan memberikan sambutan, memuji dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya Porsema yang kini sudah memasuki edisi ke-IV. Ia berharap kegiatan yang menjadi wadah bagi para santri untuk bertanding secara sportif dibidang seni dan olahraga itu dapat terus dipertahankan dan semakin dikemas menarik kedepannya.

“Kami di lembaga DPRD yang merupakan bagian dari Pemerintahan Kabupaten Mempawah membuka diri untuk ikut berpartisipasi. Bisa diajukan proposal penyelenggaraan kegiatan ke DPRD. Kita upayakan bantu melalui dana hibah atau bansos. Hanya saja memang tidak bisa setiap tahun berturut-turut. Tetapi kita coba carikan solusi kedepannya,” ujar dia.
Rahmad Satria memberikan sambutan dihadapan Kakanwil Kemenag Kalbar, Syahrul Yadi
Terkait Porsema ini, dinilai Rahmad Satria, suatu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para pelajar maupun santri. Selain menjalin silaturahmi antar madrasah aliyah baik negeri maupun swasta di Kabupaten Mempawah, juga menjadi wadah untuk memupuk rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa, cinta tanah air dan patriotisme.

“Kita tentu berharap Porsema ini menghasilkan atlet-atlet berbakat maupun talenta dibidang seni seperti kaligrafi kontemporer, syahril quran dan campuran yang bisa mengharumkan nama daerah di kancah yang lebih tinggi,” ucapnya yang disambut tepuk tangan para peserta Porsema.

Kakanwil Kemenag Kalimantan Barat, Syahrul Yadi, dalam sambutannya menyambut baik dukungan dan kepedulian yang diberikan Ketua DPRD, Rahmad Satria terhadap keberadaan lembaga pendidikan keagamaan di Kabupaten Mempawah.

“Kita tahu Pak Rahmad Satria ternyata berjiwa madrasah aliyah. Tak heran beliau juga dipercaya menjadi Ketua Yayasan Rahmatan Lil Alamin (Madrasah Aliyah Rahmatan Lil Alamin Desa Wajok Hilir),” ungkap Syahrul Yadi.

Berbicara soal Porsema, menurut Syahrul Yadi, hanya merupakan instrumen. Bukan hanya olahraga untuk olahraga, bukan hanya seni untuk seni. Tetapi yang diharapkan adalah target goal dari pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Nah, target goal kali ini berhasil dicapai. Diantaranya Porsema bisa menghadirkan seorang Ketua DPRD yakni Bapak Rahmad Satria. Dan beliau bersedia mengalokasikan anggaran untuk kegiatan ini kedepannya,” ujarnya memuji.
Para pengajar di Madrasah Rahmatan Lil Alamin Wajok Hilir berfoto bersama Kakanwil Kemenag Kalbar, Syahrul Yadi dan Ketua DPRD Mempawah, Rahmad Satria.
Mengenai Porsema yang diklaim Syahrul Yadi hanya ada di Kabupaten Mempawah, diharapkannya dapat menjadi ajang untuk menggali potensi para pelajar madrasah aliyah. Yakni potensi intelektual, emosional dan leadership atau kepemimpinan. Ia juga mendorong pelajar aliyah agar dapat terus berprestasi, apalagi pemerintah pusat terus memantau perkembangan pelajar aliyah untuk diberikan reward.

“Banyak pelajar aliyah di Kalbar yang berprestasi di tingkat provinsi dan nasional. Secara institusi, kami bangga ada anak aliyah yang mampu mendongkrak nama baik Kemenag Kalbar di kancah nasional. Harapan kami begitu besar kepada kalian, karena kalian kelak yang akan menggantikan posisi kami sebagai pemimpin,”ucapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Porsema di MAN Mempawah, H Gusti Yudi Aryanto, dalam laporan singkatnya mengatakan kegiatan ini diikuti 19 dari 20 madrasah aliyah negeri dan swasta di Kabupaten Mempawah. Adapun kegiatan yang berlangsung selama dua hari terhitung 25-26 Februari yakni bola voli, tenis meja, lari 100 meter dan lompat, MTQ, kaligrafi kontemporer, pidato bahasa Indonesia, dan Syahril Quran campuran.

Pembukaan Porsema ke-IV ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD, Indaryani, Kepala Kantor Kemenang Mempawah, Dra. Hj Isriyah, serta Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama, S.Sos, M.Si. Kegiatan pembukaan diisi dengan atraksi tari-tarian daerah, serta Marching Band MAN Mempawah, Birama Luthfi.

0 comments: