Selasa, 25 Maret 2014

Tak Tersentuh Pembangunan, Warga Wak Dongka Dalam Gotong Royong Bangun Jalan

Warga Parit Wak Dongka Dalam, Desa Wajok Hilir, bergotong royong memperbaiki akses jalan yang turut mendapat perhatian dan bantuan dari Ketua DPRD, Rahmad Satria
Selama puluhan tahun warga Dusun Parit Wak Dongka Dalam, Desa Wajok Hilir, Kecamatan Siantan, tak tersentuh pembangunan. Namun kondisi ini tak membuat mereka menyerah dan berpangku tangan. Berbekal semangat gotong royong dan keinginan untuk maju, warga sejak beberapa minggu lalu sepakat memperbaiki akses jalan yang kondisinya sangat memprihatinkan.
Perbaikan akses jalan setapak yang dilakukan warga ini wujudnya berupa pemasangan gorong-gorong sebagai fondasi jembatan kecil di sekitar 20 parit sepanjang kurang lebih 3 kilometer. Setiap parit warga memasang 4 gorong-gorong
Ibrahim, salahseorang tokoh masyarakat setempat mengakui kondisi infrastruktur jalan di daerahnya memprihatinkan. Selama puluhan tahun warga kesulitan membawa hasil bumi berupa kelapa dan kelapa sawit dari kebun ke penampung. Akses jalan yang masih jalur setapak yang kecil dan terkadang becek saat hujan semakin menyulitkan mobilisasi warga.
Akibatnya warga terpaksa menempuh jalur air menggunakan sampan. Selain jarak yang jauh, penggunaan sampan atau motor air juga dipengaruhi pasang surut air sungai. Mirisnya lagi, saat ada warga di sana yang sakit. Tak ada transportasi darat yang bisa dipergunakan. Mobil ambulan tidak bisa masuk sampai ke lokasi. “Akhirnya warga terpaksa menggunakan jalur sungai yang terkadang mesti menunggu air pasang baru bisa dijalankan,” beber dia.
Oleh karena itu, pembangunan akses jalan berupa pemasangan gorong-gorong untuk 20 parit di lokasi sepanjang kurang lebih 3 kilometer yang dilakukan puluhan warga ini disambut semringah oleh Ibrahim. Apalagi pembangunan ini juga mendapat bantuan dari Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, H Rahmad Satria SH MH. “Pak Rahmad begitu peduli kepada kami. Buktinya beliau secara sukarela membantu dana secara pribadi untuk pembelian gorong-gorong. Alhamdulillah kami merasa terbantu,” katanya.
Hal senada juga diungkapkan Ketua RT 01 RW 08 Parit Wak Dongka Dalam, Thalib. Ia menilai keberadaan akses jalan yang memadai sangat dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, ia mengharapkan tahun depan ada perhatian pemerintah daerah dengan mengganggarkan pembangunan jalan yang layak di Parit Wak Dongka Dalam.
Menanggapi keinginan warga tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pontianak, H Rahmad Satria, siap memperjuangkan dan menganggarkan pembangunan jalan di Dusun Parit Wak Dongka Dalam, dalam APBD 2015. Ia menilai pembangunan jalan sangat dibutuhkan warga, terutama untuk memudahkan akses transportasi. Tak hanya untuk menunjang sektor pertanian, namun juga sektor pendidikan dan kesehatan.
“Saya siap menampung dan memperjuangkan aspirasi warga ini. Diharapkan dengan infrastruktur jalan yang memadai berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat. Saya atas nama pribadi dan lembaga DPRD juga mengapresiasi semangat gotong royong masyarakat untuk membangun jalan ini,” pungkas dia.

0 comments: