Jumat, 13 Januari 2012

Bimtek Karakter Bangsa Disambut Antusias

Ketua Kwarda Kalbar, Suryadi, didampingi Ketua Kwarcab, Rahmad Satria, menyematkan tanda peserta bimtek pendidikan karakter bangsa. FOTO FISA
 
Antusias tinggi ditunjukkan tenaga pendidik, baik itu guru maupun pembina pramuka saat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Karakter Bangsa yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pontianak, di Gedung PGRI Mempawah, 13-15 Januari 2012.
Hal ini terbukti dengan membludaknya peserta bimtek, dari target 40 peserta yang dicanangkan panitia ternyata bimtek yang sumber dananya berasal dari Dirjen Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud), sebesar Rp 50 juta itu dihadiri 97 orang.
“Alhamdulillah, bimtek yang kita gelar ini mendapat sambutan luar biasa dari para pendidik yang sebagian besar merupakan guru SD Se Kabupaten Pontianak. Terima kasih atas kehadiran para peserta,” kata Ketua Kwarcab Kabupaten Pontianak, H Rahmad Satria, SH, MH, saat memberikan sambutan.
Lebih lanjut Rahmad mengatakan, Pendidikan Karakter Bangsa ini merupakan salahsatu tugas pokok Pramuka melaksanakan pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah yang melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dengan tujuan membentuk kader bangsa.
“Gerakan Pramuka juga mempunyai tugas pokok menjadikan kaum muda sebagai kader pembangunan yang beriman dan bertakwa, serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi, membentuk sikap dan perilaku yang positif,” ucapnya.
Sedangkan Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Kalimantan Barat, Drs. Suryadi, M.Si, yang membuka bimtek tersebut aspresiasi terhadap Kwarcab Kabupaten Pontianak yang sudah mampu melaksanakan Bimtek Pendidikan Karakter Bangsa, yang ternyata disambut penuh antusias oleh para pendidik.
“Saya berikan reward terhadap Kwarcab Kabupaten Pontianak, yang terus eksis dalam memajukan gerakan Pramuka, terutama dalam membina para generasi muda,” ujarnya.
Terkait Bimtek Pendidikan Karakter Bangsa yang kini dipercayakan kepada Pramuka, dijelaskan Suryadi merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap perkembangan generasi muda bangsa ini.
“Sejarah mencatat gerakan pramuka memberikan peranan besar menjadikan pemuda melakukan kegiatan-kegiatan positif, serta menciptakan generasi handal yang siap menjadi pemimpin bangsa. Tak kalah penting, pramuka juga merupakan salahsatu wadah pemersatu bangsa,” pungkasnya

0 comments: