Senin, 16 Januari 2012

Gerakan Pramuka Wadah Pemersatu Bangsa

Ketua Kwarda Kalbar, Suryadi, menyematkan tanda peserta Bimtek Pendidikan Karakter Bangsa

Para peserta Bimtek Pendidikan Karakter Bangsa yang didominasi guru-guru SD se Kabupaten Pontianak

Acara pembukaan Bimtek Pendidikan Karakter Bangsa yang dihadiri Ketua Kwarda, Suryadi, Ketua Kwarcab, Rahmad Satria, dan para pengurus Kwarcab Kabupaten Pontianak

Ketua Kwarcab, Rahmad Satria, saat memberikan sambutan di hadapan peserta Bimtek

Ketua Kwarda, Suryadi, membuka Bimtek Pendidikan Karakter Bangsa di Gedung PGRI Kabupaten Pontianak
Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Karakter Bangsa yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pontianak, 13-15 Januari 2012, di Gedung PGRI Mempawah, berlangsung sukses.
Banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan yang didapatkan peserta yang merupakan guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Pontianak, dari para narasumber yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang kepanduan untuk diterapkan kembali kepada anak didiknya.
“Gerakan Pramuka merupakan wadah pemersatu bangsa dan pendidikan karakter bangsa bisa dimulai dari kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di jenjang pendidikan dasar seperti Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama,” kata Ketua Kwartir Daerah  (Kwarda) Kalimantan Barat, Drs. Suryadi, M.Si, saat membuka kegiatan itu.
Gerakan Pramuka, imbuh Suryadi, mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan bagi generasi muda di lingkungan luar sekolah untuk melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah dengan tujuan membentuk kader bangsa.
“Gerakan Pramuka diharapkan dapat ikut mengatasi masalah yang dihadapi generasi muda dimana sejarah Indonesia telah mencatat peranan besar anggota Pramuka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.
Sedangkan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten, H Rahmad Satria, SH, MH, mengatakan gerakan Pramuka juga mempunyai tugas pokok generasi mudasebagai kader pembangunan yang beriman dan bertakwa serta berwawasan serta membentuk sikap dan perilaku yang positif.
“Adanya bimtek ini makanya diharapkan akan timbul pemahaman dan kesadaran bagi Pembina Pramuka agar kegiatan yang dilakukan adalah upaya menuju kepada perubahan perilaku yang menginterprestasikan nilai-nilai karakter kebangsaan,” ucapnya

0 comments: