Sabtu, 07 November 2009

Rahmad Satria Terima Adhikarya Satya Bhakti

Sebagai 10 Terbaik se Indonesia

Mempawah - Bukan sesuatu yang tabu atau berlebihan, jika seorang Rahmad Satria SH MH, Ketua DPRD Kabupaten Pontianak terpilih sebagai salah satu putra Kalbar yang masuk nominasi 10 terbaik Ketua DPRD se Indonesia.

Karena itulah, Rahmad Satria dianugerahkan penghargaan Adhikarya Satya Bhakti 2006, oleh Citra Karya Abdi Pembangunan di Hotel Golden Boutique Jakarta Pusat, Sabtu (9/9) pukul 19.30 WIB. Lembaga yang memberikan anugerah Citra Karya Abdi Pembangunan Indonesia (CKAPI) sudah yang keenam kalinya diberikan kepada putra-putri terbaik bangsa ini.

Penganugerahan penghargaan tersebut merupakan wujud kepedulian terhadap mereka yang dianggap penggores prestasi yang patut menjadi panutan. Penghargaan yang diberikan itu bertaraf nasional yang secara khusus diberikan oleh CKAPI. Selain itu penghargaan yang diberikan sebagai bentuk resmi atas keberhasilan dalam karya dan pengabdian yang telah atau sedang dibaktikan seseorang bagi kepentingan masyarakat dan pembangunan daerah. "Pengabdian dan perjuangan sebenarnya tidak akan berakhir selama Tuhan masih perkenankan kita hidup dan melakukan sesuatu," tegas Direktur CKAPI seperti disampaikan Rahmad yang menerima penghargaan pada koran ini.

Namun yang penting lanjut Direktur CKAPI, mau atau maunya seseorang untuk melakukan yang baik bagi sesama. Tergantung apakah kita memiliki rasa kepedulian bagi kepentingan orang lain yang tidak saja berusaha untuk kepentingan pribadi atau kelompok.

Dikatakan, kalau pihaknya merasa bangga atas keberhasilan para tokoh dimaksud. Selain itu juga kagum atas keberhasilan mereka dalam karya dan pengabdiannya yang tanpa pamrih. Sebagai manusia, lanjut dia, kita memiliki kewajiban untuk turut membangun negeri ini agar kelak dapat menikmati hasilnya secara bersama-sama.

"Kiranya keberhasilan ini akan tergores selamanya dalam sejarah pembangunan daerah masing-masing. CKAPI berharap kiranya pembangunan yang diberikan ini tidak dianggap sebagai sebuah lambang kebesaran, namun harus dilihat dan dianggap sebagai pendorong semangat untuk dapat melakukan yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara demi masa depan anak-anak kita dan generasi muda," tukasnya.

Panitia sendiri memberikan empat kategori tokoh terbaik. Masing-masing untuk Ketua DPRD, eksekutif, Sekretaris Daerah, dan Ketua Tim Penggerak PKK. Sepuluh penerima lainnya bersama Rahmad Satria SH MH yang mendapatkan penghargaan sebagai 10 Ketua DPRD Terbaik. Mereka adalah Drs Melkianus Adoe (NTT), Ir HM Nur Syafriadi (Kepri), Drs Asyrofi (Kudus Jateng), Drs HI Adnan (Kota Makasar Sulsel). Selain itu juga H Prayogo Prayitno (Magetan Jatim), HM Nawawi Hamid BA (Muaro Jambi), Yohanes Pasti SH (Bengkayang Kalbar), HM Harris (Pelalawan Riau) dan H Rus'Hanul Ulum (Tasikmalaya Jabar).

"Alhamdulilah, penghargaan bukan sesuatu yang begitu istimewa. Namun patut untuk disyukuri sebagai suatu penilaian dari pihak lain atas apa yang kita perbuat selama ini," aku Rahmad Satria merendah. Selain itu tuturnya pula selain merasa senang, bahagia sekaligus beban moral.

Sebab, penghargaan terbaik tentu saja diikuti dengan tanggungjawab yang berat pula. "Semua ini terjadi berkat dukungan teman-teman, keluarga dan semua pihak yang peduli," kata Rahmad. (ham)

***Terbit 17 September, Pontianak Post 2006

0 comments: