Minggu, 17 Juli 2016

Dorong Anak Menyukai Bahasa Inggris

Ketua DPRD Rahmad Satria menyerahkan hadiah kepada para pemenang English Singing Competition
Siapa bilang belajar bahasa inggris itu membosankan, apalagi sulit. Asalkan ada kemauan dan tentu dikemas dengan sesuatu yang menarik, maka belajar bahasa Inggris menjadi suatu hal yang menyenangkan. Nah, hal inilah yang mendorong Ketua DPRD Kabupaten Mempawah, Dr. H. Rahmad Satria, SH, MH, untuk mengajak anak-anak sejak dini untuk menyukai bahasa Inggris.
Melalui English Singing Competition atau kompetisi bernyanyi menggunakan bahasa Inggris yang dilaksanakan American English Courses di Gedung BLPP Anjongan Kecamatan Anjongan, Jumat (15/7) malam, Rahmad Satria yang menjadi sponsor utama kegiatan itu berharap anak-anak dapat belajar bahasa Inggris sambil bernyanyi.
Tak tanggung-tanggung, juri yang dihadirkan dalam kompetisi ini tak hanya berasal dari orang Indonesia, tetapi juga asing yang berasal dari Amerika Serikat dan Filipina. Total ada empat juri yang memberikan penilaian terhadap peserta yaitu Ronald W Mclure dari Amerika Serikat, Lady Angelina Medina dari Filipina, Niki Wu dari Pontianak dan Magles Lawkabessy dari Ambon.
“Kegiatan ini positif, karena bisa mendidik anak-anak untuk bisa dan pandai berbahasa Inggris. Jadi sambil bernyanyi, anak-anak bisa sambil belajar bahasa Inggris. Lagu ini kan sifatnya universal, setiap orang menyukai lagu, nah anak-anak akan lebih tertarik belajar bahasa Inggris melalui musik ataupun lagu,” katanya.
Lebih lanjut Rahmad mengatakan, selama mengikuti kompetisi bernyanyi lagu bahasa Inggris ini, selain memperhatikan olah vokal, pronoun, intonasi, ekspresi, para peserta juga diminta memahami arti dan makna lagu yang dinyanyikan. “Jika mereka sudah memahami, maka secara otomatis peserta dapat meresapi dan menjiwai lagu yang dibawakan saat kompetisi ini,” ujarnya.
Ketua Badan Anggaran DPRD Kabupaten Mempawah ini juga berharap, kompetisi menyanyi berbahasa Inggris seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan dalam event yang lebih besar yang dilaksanakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).
“Selain kompetisi bernyanyi, Disdikpora juga bisa menggelar pidato atau diskusi menggunakan bahasa Inggris. Dengan demikian nanti akan bermunculan bakat besar yang mahir dan fasih berbahasa Inggris di Kabupaten Mempawah,” ucap dia.
Ketua panitia yang juga pengelola American English Courses, Fransiska, menjelaskan English Singing Competition yang dibagi dalam dua kategori yaitu dewasa dan anak-anak merupakan bentuk motivasi kepada generasi muda untuk mencintai bahasa Inggris.  “Digelarnya kegiatan ini merupakan wujud dari kepedulian pihaknya dalam mencerdaskan anak bangsa. Tugas kita disini membantu Pemerintah Kabupaten Mempawah,” imbuhnya.
Adapun juara English Singing Competition untuk kategori anak-anak diraih Jenny sebagai juara pertama, Gracia juara kedua, Monica juara ketiga dan best performance diraih Inez. Sedangkan kategori dewasa, juara pertama diraih Grace, Ahmad juara kedua, Gegi juara ketiga dan best performance diraih Cam-Cam.

0 comments: